Sabtu, 19 Februari 2011

jenis sayuran dan kegunaannya untuk kesehatan

Jenis sayuran dan kegunaannya untuk kesehatan
Meski sudah mengetahui bila sayuran punya kegunaan yang tinggi bagi tubuh, namun banyak orang yang tidak mengetahui fungsi dari masing-masing jenis sayuran ini. Padahal jika bisa mengetahuinya, kita tidak akan salah dalam memilih sayuran yang akan disantap untuk dinikmati sekaligus mendapat manfaat yang optimal. Jenis-jenis sayuran tersebut antara lain :
  • Labu Merah. Merupakan jenis sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia. Kegunaannya adalah untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta memberi perlindungan pada lambung. 
  • Wortel. Bukan hanya manusia, hewan kelinci juga suka dengan sayuran yang berwarna jingga ini. Namun untuk manusia, bila rajin mengkonsumsi buah ini dapat menguatkan sistem pencernaan dalam tubuh serta meningkatkan stamina. Selain itu kandungan vitamin A yang tinggi bisa menyegarkan mata dan menyembuhkan gangguan pernafasan.
  • Kentang. Ini juga jenis sayuran yang punya kegunaan tinggi. Dalam sayuran ini terdapat hormon yang mampu membuat perasaan kita menjadi senang dan gembira. Kandungan vitamin B1 yang ada didalamnya mampu mengusir rasa tegang dan gelisah di pikiran kita. 
  • Selada. Bagi yang mengalami sakti susah tidur atau imsonia sangat cocok menyantapnya. Dijamin setelah itu tidur akan menjadi lelap dan nyenyak. 
  • Kubis atau kool. Obat yang mujarab bagi penyembuhan penyakit lambung. Sayuran ini banyak terdapat vitamin U dan K1 yang berguna untuk menguatkan sel-sel di lambung. 
  • Bayam dan daun singkong. Sangat manjur untuk menghilangkan resiko serangan kanker, tekanan darah serta membuat kulit menjadi lebih halus dan tidak kasar. Jenis sayuran ini banyak mengandung zat besi, fosfor, kalsium dan magnesium serta serat.

1 komentar: